Profile Ust. Faisal Hilmi, S.Th.I, M.A

May 25, 2017

Ust. Faisal Hilmi, S.Th.I, M.A, kelahiran Cirebon 16 Januari 1992 ini sangat hobi membaca, menulis, mengajar dan travelling. Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, konsentrasi Tafsir Qur’an, Fak. Ushuluddin. Skripsinya membahas Tafsir Nusantara berjudul, "Metode dan Corak Tafsir Al-Iklil fi Ma'ani Al-Tanzil Karya KH. Misbah bin Zainul Mustofa".
   
Juga alumni Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta, dengan konsentrasi yang sama, Tafsir Qur’an. Dengan tesis, "Indikator Negara Maju dalam Tafsir Nusantara". Ia sebelumnya nyantri di Buntet Pesantren dan Salafiyyah Darurrohmah (Sadpas Pesantren), Cirebon, Jawa Barat. Saat di MAN Buntet Pesantren, khusus bulan suci Ramadhan, Ia mengikuti Ngaji Pasaran Tafsir Jalalain karya Syaikh Imam Jalaluddin As-Suyuthi dan Syaikh Imam Jalaluddin Al-Mahalli yang diampu oleh KH. Dr. M. Abbas bin Fuad Hasyim MA (Kang Babas). Sejak dini hari hingga waktu Sahur tiba.
Sejak kelas 6 SD, Ibunda, Umi Nihayaturrohmah dan keluarga mengenalkan dan mengarahkannya untuk belajar-mengajar membaca Al-Qur’an anak-anak kecil di desa. Berlanjut mengajar Ngaji di Pesantren Salafiyyah Darurrohmah Cirebon yang didirikan Sang Kakek (Alm.) KH. Abdurrohim dan Uwa KH. Drs. Fathurrohim.
Semasa kuliah S1, Ia pun sering kali mewakili kampus dan Indonesia dalam kegiatan tingkat nasional dan internasional: Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, China, dan Korea Selatan. Tahun 2015, selain menjadi delegasi Indonesia dalam 24th Harvard World Model United Nations (WorldMUN) di Seoul, Korea Selatan. Pelatihan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dihadiri 118 negara, berbagai penjuru dunia.

Ust. Faisal Hilmi, M.A, di Seoul, Korea Selatan
Ia pun melakukan Observation pada Komunitas Muslim Korea Selatan. Baik Muslim Indonesia yang ada di Korea dalam kegiatan Muktamar Komunitas Muslim Indonesia Korea Selatan (KMI) Ke-VIII. Juga Muslim penduduk asli Korea melalui visitasi dan interview President of Korea Muslim Federation (KMF), Syaikh Rahman Lee Ju-Hwa.     

Pada rentang tahun 2012-2014, diamanahi sebagai Sekretaris (merangkap wakil), pada program "Study Reseach Univ. Ummul Qurro Mekkah & Univ. Islam Madinah". Agenda rihlah ilmiah ke Haramain ini di bawah bimbingan Prof. Dr. KH. Muslim Nasution, MA, sampai akhir hayatnya. Lalu diganti pembimbing, Dr. Ahmad Ridho. Kegiatan yang menyita liburan kuliah (Dua semester tidak pulang ke kampung halaman Cirebon) ini, awalnya berupaya menjadi role model agar kampus UIN Jakarta jika ingin melakukan studi banding baiknya tidak pada universitas Islam dalam negeri. Level UIN Jakarta, yang sudah lumrah menjadi pusat studi Islam Indonesia, jika studi banding, harus ke luar negeri. Walau hingga 2014, belum terlaksana juga. Karena ada kendala yang perlu diselesaikan, sedang panitia hendak lulus. Walau demikian, banyak hikmah dan pelajaran dalam proses yang dilalui.
Suami dari istri Faridah Ashsholihah ini, merupakan alumni Pelatihan Pengkaderan Mufassir “Daurah Bidayah Al-Mufassir : Langkah Awal Menjadi Mufassir,” tahun 2013, yang diadakan oleh  Pusat Studi Qur’an (PSQ), pimpinan Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA. Juga peserta dalam Orasi International: Pidato Perdamaian dan Kemanusiaan Untuk Dunia, yang disampaikan Grand Syekh Al-Azhar Prof. Dr. Syekh Ahmad Ath-Thayyeb di Jakarta (2016).

Tahun 2018, melakukan Rihlah Ilmiah di Al-Azhar Kairo, Mesir, dalam Kajian Tafsir Qur'an. Meliputi Ruwaq Masjid dan Universitas Al-Azhar Kairo dengan pengajar Prof. Dr. Syaikh Abdul Fatah Al-Awari (Dekan Fak. Ushuluddin, Univ. Al-Azhar), Dr. Syaikh Yasir Mursi, dan Dr. Syaikh Ahmad Hasan. Ruwaq Masjid Amr Bin Ash di Alexandria, bersama Syaikh A’la. Daurah ini walau diikuti beberapa pertemuan, namun sangat berkesan dan penuh makna baginya.

Juga dalam seminar internasional mengenai "Masalah Umat Kontemporer: Penanganan Paham Radikal" yang diselenggarakan Rabithah Khoriijil Azhar (Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional - IAAI), di Auditorium Markaz Syekh Zaid Dauroh Lughoh, Univ. Al-Azhar. Diantara pembiacaranya Prof. Dr. Syaikh Jamal Faruk (Dekan Fak. Dakwah, Univ. Al-Azhar) dan Dr. Syaikh Hamdallah Al-Safti.

Beruntung pula, dapat ziarah kepada para ulama besar yang di makamkan di Kairo dan Alexandria. Diantaranya, Nabi Daniel, Luqmanul Hakim (Kisahnya tersebut dalam Al-Qur’an tentang dialog pendidikan ayah pada anak), Sayyid Hussain (Cucu Nabi Muhammad SAW), Sayyidah Aisyah (Keturunan Nabi Muhammad, salahsatu perempuan berpengaruh yang meriwayatkan hadis. Diantaranya termaktub dalam kitab Shahih Bukhori dan Shahih Muslim.), Imam Syafi’i (Pendiri Mazhab Syafi’i), Imam Jalaluddin As-Syuyuti (Pengarang Tafsir Qur’an Jalalain yang fenomenal hingga kini), Imam Busyairi (Pengarang Kitab Burdah. Syair shalawat Nabi Muhammad yang fenomenal), Ibnu At-Thaillah (Pengarang Kitab Al-Hikam, salah satau kitab induk ilmu tasawwuf--hati/psikologi, sangat populer di dunia Islam).


Universitas Al-Azhar : Pusat Ilmu dan Kiblat Keulamaan Dunia

Pria dengan dua anak (Fadhil Munawwir dan Fakhri Ad-Dakhil) ini, dengan segala kekurangan dan kelemahan yang dimiliki, Ia berikhtiar  sejak awal kuliah tahun 2010, mendirikan Studi Tafsir Qur'an (STQ) UIN Jakarta. Semingu satu atau dua kali pertemuan diadakan kajian dan diskusi keilmuan terkait Tafsir dan Al-Qur'an bersama beberapa Dosen dan kawan-kawan. Ia pun pernah menjadi Koordinator Laboratorium Tafsir Hadis, Fak. Ushuluddin, UIN Jakarta (2012).
STQ saat ini rebranding menjadi Pusat Kajian Tafsir Qur'an (PKTQ) yang berupaya menggali makna nilai-nilai Al-Qur'an untuk kemajuan masyarakat. Berhasil dan bahagia di dunia dan akherat (fi dunya hasanah wa fil akhiroti hasanah). Mendekatkan dan mendorong masyarakat untuk memahami isi Al-Qur'an agar keindahannya dapat terinternalisasi dalam diri, keluarga, masyarakat, dan interaksinya dengan masyarakat global.

Ust. Faisal Hilmi pada usia 25 tahun (2017), secara resmi SK Kementerian Hukum dan HAM  RI, mendirikan Yayasan Qur'an Dampak Positif Global, yang biasa disebut Anamfal Foundation. Anamfal memiliki visi menjadi "Yayasan Qur'an internasional untuk membangun perdamaian, kesejahteraan, dan peradaban dunia dengan Al-Qur’an". Program utamanya mendirikan Pesantren Qur'an Anamfal di 111 negara 5 benua.

Karya Tulis 
I. Al-Qur'an dan Tafsir
1. Metode dan Corak Tafsir Al-Iklil fi Ma'ani Al-Tanzil Karya KH. Misbah bin Zainul Mustofa
(Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah, 2015)
2. Qur’an Ku Maaf Kami Masih Sibuk : Motivasi Diri Agar Anda Ketagihan Membaca Al-Qur’an
ISBN : 978-602-73020-2-0
(Jakarta : Pusat Kajian Tafsir Qur’an - PKTQ, 2017)
II. Umum
1.  Young Husnudzon : Pemuda Unggulan Berpola Pikir Solusi, Berkembang, dan Maju
ISBN: 978-602-73020-0-6
(Jakarta : Positive Impact Center, 2015)
2. (Editor) Young Husnudzon National Conference 2016: Pengembangan Pemuda Indonesia Perspektif Ggenerasi Muda
ISBN : 978-602-73020-1-3
(Jakarta : Positive Impact Center, 2016)
3. Notes The Secret - Rahasia Menjadikan Hidup Luar Biasa Penuh Keajaiban : 259 Catatan pilihan The Secret karya Rhonda Bayrn.
(Jakarta : Positive Impact Center, 2014)
4. Transformasi Budaya Indonesia dalam Perspektif Generasi Muda
Tulisan Faisal Hilmi, "Budaya ber-TKI dan Martabat Bangsa" dalam kumpulan 12 esai budaya terbaik nasional 2012.
(Bali: Univ. Udayana Bali, 2013)
5. Menuju Pelajar Go! Blog Meraih Masa Depan
(Tangerang Selatan: Sadar MW, 2011)

Pembicara Kegiatan Nasional dan Internasional
I. Al-Qur'an dan Tafsir
1. Pembicara dalam "Qur'an Inspiring : Global Vision dan Kebutuhan Indonesia di Masa Depan (التفكير المستقبلي واحتياج اندونيسيا في المستقبل)" yang diadakan Pusat Talaqqi Qur'an Indonesia (PTQI) Mesir, di Aula PTQI Banin, Darrasah, Kairo, Mesir, 2018.
2. Pembicara utama dalam “Ramadhan Mengaji 2017 M (1438 H) : Bedah Buku dan Motivasi Qur’an”, di Jakarta Pusat, 2017.
II. Umum
1. Pembicara Komisi Politik dan Budaya, mengangkat topik "Budaya ber-TKI dan Martabat Bangsa", dalam Konferensi Budaya Nasional (KBN) di Bali, 2012.
2. Pembicara Komisi Government Recommendations dengan tema, "Observing Disasters in Jakarta: Floods" dalam Social Innovation Congress (SIC), di Manila, Filipina, 2013
3. Keynote Speaker dalam "Young Husnudzon National Conference (YHNC) 2016: Pengembangan Pemuda Indonesia Perspektif Generasi Muda" di Jakarta, 2016.

Penghargaan (Prestasi)
1. Penerima Beasiswa BidikMisi. Angkatan pertama, 2010.
2. Penerima Student Achievement Awards UIN Jakarta, Mahasiswa Berprestasi Bidang Pembicara Nasional dan Internasional. Diberikan oleh Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, 2013
3. Juara 1 Pidato Tingkat Dewasa, Salafiyyah Darurrohmah (Sadpas) Pesantren Cirebon, 2009
4. Juara II Esai Terbaik Nasioanal, yang diselenggarakan Konferensi Budaya Nasional (KBN), Univ. Udayana Bali, 2012
5. Juara 1 Lomba Baca Puisi Tingkat Kota Cirebon, 2010.

Rihlah Ilmiah - Travel The World
1. Malaysia : Kuala Lumpur, Putrajaya, Johor Bahru, & Melaka,  (2013)        
2. Singapore (2013)           
3. Macau, SAR, China (2013)           
4. Philippines : Manila (2014)                        
5. Korea Selatan : Seoul & Goyang (2015)         
6. Indonesia : Lampung (2016)
7. Thailand : Bangkok & Phuket (2017)
8. Malaysia : Kedah & Langkawi (2017)
9. Saudi Arabia : Jeddah & Riyadh (2018)
10. Mesir : Kairo & Alexandria (2018) 

Organisasi/Afiliasi
I. Qur'an dan Tafsir
1. Koordinator Studi Tafsir Qur'an (STQ) UIN Jakarta (2010-2013)
2. Koordinator Laboratorium Tafsir Hadis UIN Jakarta (2012-2013)
3. Director of Pusat Kajian Tafsir Qur'an - PKTQ (2010-sekarang)
Proses :
4. International Qur’anic Studies Association (IQSA)
5. Asosiasi Ilmu Alquran dan Tafsir (AIAT) se-Indonesia

II. Umum
1. Member of Forum Lingkar Pena (FLP) Ciputat (2010-2011)
2. Koordinator BidikMisi Fakultas Ushuluddin, UIN Jakarta (2010-2012)
3. Member of KOPMA (Koperasi Mahasiswa), UIN Jakarta (2010-2011)
4. Member of Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Ciputat (2010-2011)
5. Ketua Divisi Litbang, BEM Jur. Tafsir Hadis, UIN Jakarta (2012-2013)
6. Founder dan President Gerakan Indonesia Mendunia (2014-2015)
7. Member of Backpacker Dunia (2014-sekarang)
8. Member of Backpacker International (2014-sekarang)
9. Member of Masyarakat Pernaskahan Nusantara - Manassa (2019-sekarang)

Ia sangat menyukai dan terbuka untuk sharing dengan siapapun melalui email: faisalhilmi@ymail.com. Facebook pribadinya : www.facebook.com/faisalhilmiab. Tulisan dan inspirasinya juga dapat diakses: Mengenai Kajian Tafsir Qur'an di PKTQpktq.anamfalpesantren.com, terkait Qiroah, Tahsin dan Tahfiz di BNQ 90%bnq.anamfalpesantren.com, terkait dunia pesantren di Pesantren Qur'an Anamfal: www.anamfalpesantren.com, dan membahas kepemimpinan dan self development di Positive Impact Centerwww.positiveimpactcenter.com.

Mungkin Anda Juga Menyukai Ini

0 komentar

Wujudkan Anak Hafiz 30 Juz Bersanad & Kuliah Ke Luar Negeri

Lomba MHQ Anamfal SD/MI Tingkat Provinsi Jawa Barat 2023

Kategori Tulisan

Abdul Hayy Farmawi Achmad Brian Athoillah Ade Jamarudin Africa Agenda AICIS Ali Nurdin Amsterdam Anak Yatim Anggota Asean Asia Audio Baca Kitab Bali Bank Masalah Banten Beasiswa Bedah Buku Quran Bedah Karya Ilmiah Berita Brunei Darussalam Budaya Buletein Jumat Buletin Jumat Buntet Pesantren Call for Papers Corona Dakwah Quran Darul Quran Singapore Daurah Dewan Pengurus PKTQ Download Elfisa English Quran Interpretation Eropa Eva Rosyidana Alfa Sanah Faisal Hilmi Faisal Hilmi Road Show Faizal Zakki Muttaqin Faridah Ashsholihah Fellowship Fellowship KBB UGM Filipina Filsafat Islam Form Freiburg University German G20 Galeri Photo Gallery Guru Besar Profesor Gus Baha Halal Bi Halal IAIN Cirebon Ibnu Jarir at-Thabari Idul Fitri IIQ Jakarta Ilmu Tafsir Indonesia INTERNATIONAL CONFERENCE IQSA Iran Islam In The World Jalaluddin Al Mahalli Jalaluddin As Suyuthi Jambi Jawa Barat Jerman Kaidah Tafsir Kajian Kitab Tafsir Karya Ilmiah KBB Kebangsaan Kemenag RI Kitab Tafsir Konsolidasi Kontributor KUIS Selangor Lalilatul Quran : Multaqa Ulama Al-Quran Nusantara LDNU Les Privat Ngaji Quran Lilik Ummi Kaltsum Link LPDP M Qusairy Thaha M. Ali Ramdhani M. Edi Suharsongko M. Ilham Sunjoyo M.Ag Mahmud Yunus Malaysia Masjid Istiqlal Medan Membaca Qur'an Members Mesir Metode Tafsir Moch Khoirul Anam Morocco Motivasi Quran Muhamad Sofi Mubarok Muhammad Asad Muhammad bin Syami Syaibah Mukjizat Al-Qur'an Nasional Nasionalisme News Ngaji Pasaran Ramadhan Ngaji Tafsir Online Nikah Beda Agama Nur Kholik Ridwan Nurfadliyati Pandemi Paspor Gratis PCINU Belanda Pemikiran Islam Pendidikan Kader Ulama Penerbit Buku Penghargaan Peringatan Maulid Nabi Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta PHBI Pluralisme Poster Press Releas Prof. Dr. Jajang A Rohmana Profil Profil Mufassir Profil Surah Quran Profile Program PTIQ Q&A Quraish Shihab quran Quran dan Ekonomi Quran dan Keuangan Quran dan Pengembangan Diri Quran Indeks Radikalisme Rahmi Syahriza Ramadhan Rapat Kerja Riau Rihlah Ilmiah Riskiyatun Hozaituna Adnan Rizkiyatun Khozaituna Rosihon Anwar Sahlawati Abu Bakar Said Agil Husin al-Munawwar Salafi Takfiri Santri Anamfal SeIPTI Selamat Menikah Selamat Wisuda Seminar Tafsir Quran Seni Short Course Silaturrahim Singapura Struktur Al Quran Surah Al-Falaq Surah An-Naas Sutria Dirga Syaikh Muhammad Husain Az Zahabi Syarat Mufassir Syaza Nada Liana Tadabbur Quran Tafsir Ahkam (Hukum) Tafsir Al Fatihah Tafsir Al-Baqarah Tafsir An-Nur Tafsir Ar Rahman [55] Tafsir Ar-Rum Tafsir Arab Tafsir Asia Tenggara Tafsir Cerai Tafsir Cinta Tafsir Juz Amma Tafsir Kebangsaan Tafsir Kesehatan Tafsir Klasik Tafsir Maudhui Tafsir Modern Tafsir Nabi Muhammad SAW Tafsir Nabi Rasul Tafsir Negera Tafsir Nikah Tafsir Nusantara Tafsir Nusantara Faisal Hilmi Tafsir Obat Tafsir Pariwisata Tafsir Pendidikan Tafsir Pernikahan Tafsir Poligami Tafsir Qur'an Program Tafsir Quran Event Tafsir Quran Karim Tafsir Showi Tafsir Singapura Tafsir Sosial Tafsir Sufi Tafsir Surah An-Nisa Tafsir Travelling Tafsir Wabah Tafsir Wanita Tahfidz Qur'an Taubat Tawakkal Terjemah Qur'an Tesis Thailand The Global Qur'an The Message of The Quran Tilawatil Qur'an Tokoh Qur'an Tradisi Travel The World Training UIN Jakarta UIN Jambi UIN Raden Fatah Palembang UIN Sumatera Utara UIN Sunan Gunung Djati Bandung UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ulumul Qur'an Universitas Al-Azhar USA USIM Video Vrije University Amsterdam WA Programs Wahabi Wakaf Webinar PKTQ Yogyakarta Ziyad Ulhaq تفسير

SEKRETARIAT PKTQ

PKTQ Cirebon
@Pesantren Qur'an Anamfal 
Jl. Raya Pasawahan, Pasawahan, Susukan Lebak, Cirebon

PKTQ Jakarta
Anamfal Jakarta @Pondok Indah Office Tower 2, Lt. 15 
Jl. Sultan Iskandar Muda Kav. V-TA, Pondok Indah, Jakarta Selatan

WA CS :  +62899-5625-137 
Email: info.pktq@gmail.com 
Web : pktq.anamfalpesantren.com

Daftar Anggota PKTQ

Visitor