Profil & Alamat Metode Membaca Qur'an Qiroati

April 19, 2017



Metode baca Al Qur’an Qiroati ditulis dan disusun oleh KH Dachlan Salim Zarkasyi (wafat 2001 M) dari Semarang, Jawa Tengah. Metode yang menyebar dengan izin Allah sejak awal 1963-an, ini memungkinkan anak-anak mempelajari Al Qur’an secara cepat dan mudah.

KH. Dachlan Salim Zarkasyi, Penemu Metode Qiroati

Kiai Dachlan yang mulai mengajar al-Qur’an pada 1963, merasa metode baca al-Qur’an yang ada belum memadai. Misalnya metode Qa’idah Baghdadiyah dari Baghdad Irak, yang dianggap metode tertua, terlalu mengandalkan hafalan dan tidak mengenalkan cara baca tartil (jelas dan tepat)Kiai Dachlan kemudian menerbitkan enam jilid buku Pelajaran Membaca al-Qur’an untuk TK al-Qur’an untuk anak usia 4-6 tahun pada l Juli 1986. Usai merampungkan penyusunannya, KH. Dachlan berwasiat, supaya tidak sembarang orang mengajarkan metode Qira’ati. Tapi semua orang boleh diajar dengan metode Qira’ati.


Adapun amaliah yang harus dilakukan oleh semua pendidik metode Qiroti, diantaranya:

1. Niat ikhlas dan bersabar
Seorang pendidik harus senantiasa memiliki keikhlasan hati dan sepenuh hati dalam mengajarkan Al Qur’an karena ini sudah merupakan tanggung jawab seorang muslim agar mendapatkan great yang baik dihadapan Alloh semata. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW ; ”Sebaik-baik manusia diantara kamu adalah yang mau belajar Al Qur’an dan mau mengajarkannya”. 

Seorang pendidik harus menghilangkan niatan-niatan yang menginginkan keduniawian. Karena Alloh sendiri yang akan memberikan balasan bagi hambanya yang mau berjuang dijalan Nya. Niatan yang salah meskipun hanya kecil akan menjadi penghambat bagi seseorang dalam berdakwah. Sekiranya usaha tersebut di rasa sudah maksimal maka yang terakhir di lakukan adalah bersabar. Bersabar dalam arti tidak berputus asa dengan hasil yang ada. Namun selalu melakukan evaluasi dan peningkatan mutu selanjutnya.

2. Rajin melaksanakan Sholat Tahajjud
Di samping sholat fardlu dengan tertib maka seorang pendidik hendaknya rajin melaksanakan sholat tahajjud. Sikap senantiasa bermunahajat kepada Khaliqnya harus ada pada setiap diri pendidik. Semua persoalan dikembalikan kepada Khaliqnya. Tak bosan-bosan untuk selalu mendoakan para santrinya dan kemudahan-kemudahan untuk menjalankan aktifitas kesehariannya. Seorang guru tidak hanya memberikan pendidikan jasmani semata, namun memiliki ghiroh untuk ; Mengajar, Mendidik, Membimbing dan Mendoakan [4 M]. Suri tauladan yang baik harus senantiasa ditampilkan di hadapan para anak didiknya.

3. Rajin tadarus Tadarus atau baca Al Qur’an
Hendaknya di lakukan setiap hari dan setiap saat. Banyak waktu yang dapat digunakan oleh para pendidik untuk selalu tadarus dimanapun berada. Di sekolah tadarus dapat dilakukan dengan kepala sekolah, dengan koordinator cabang, wilayah maupun pusat. Hal ini dapat membantu guru untuk lebih lancar, fasih dan mantap dalam memahami metode Qiro’ati.

Buku Qiroati : Metode Praktis Belajar Membaca Al-Qur'an
  1. Prinsipn yang ditekankan adalah Lancar, Tepat, Cepat, dan Benar
  2. Setiap Kenaikan Jilid dilakukan oleh koordinator TPQ/Sekolah, bukan oleh wali kelas
  3. Menggunakan alat bantu peraga untuk mempermudah pembelajaran
  4. Menstandarisasi guru dengan syahadah

Jenis Pembelajaran Qiroati :

  1. Klasikal Individual
  2. Klasikal Baca Simak

Jenis Pembelajaran Klasikal Individual

  1. Diterapkan untuk anak anak mulai usia Pra-TK
  2. Pengelompokan Kelas berdasarkan Jilid Buku Qiroati yang sama
  3. 1 Kelas terdiri dari 10-15 siswa
  4. 10 - 15 Menit pertama diterapkan model klasikal, selanjutnya individual
  5. Membuat pedoman pengujian evaluasi belajar tahap akhir pengajaran Al-Quran (EBTAQ)
  6. Menyusun silabus pembelajaran untuk berbagai jenjang dan kelas
  7. Menentukan standar penilaian Qiraati.

Logo Lembaga Qiroati Pusat Semarang

Alamat Lembaga Qiroati Pusat Semarang
Jalan Bridjend Sudiarto KM 10,4
Pedurungan, Kota Semarang
Telp.  (024) 6716602


Sumber : www.qiroatipusat.or.id 


Mungkin Anda Juga Menyukai Ini

0 komentar

WAKAF - KEKALKAN HARTA ANDA

Kategori Tulisan

Abdul Hayy Farmawi Ade Jamarudin Africa Agenda AICIS Ali Nurdin Anggota Asean Asia Audio Banten Beasiswa Bedah Buku Quran Berita Brunei Darussalam Buletein Jumat Buntet Pesantren Call for Papers Darul Quran Singapore Download Elfisa English Quran Interpretation Eva Rosyidana Alfa Sanah Faisal Hilmi Faizal Zakki Muttaqin Fellowship Fellowship KBB UGM Filipina Form Galeri Photo Gallery Guru Besar Profesor Halal Bi Halal IAIN Cirebon Ibnu Jarir at-Thabari Idul Fitri Ilmu Tafsir Indonesia INTERNATIONAL CONFERENCE IQSA Islam In The World Jalaluddin Al Mahalli Jalaluddin As Suyuthi Kaidah Tafsir Karya Ilmiah KBB Kebangsaan Kemenag RI Kitab Tafsir Kontributor KUIS Selangor LDNU Les Privat Ngaji Quran Lilik Ummi Kaltsum Link M Qusairy Thaha M. Edi Suharsongko Mahmud Yunus Malaysia Membaca Qur'an Members Mesir Metode Tafsir Moch Khoirul Anam Morocco Motivasi Quran Muhamad Sofi Mubarok Muhammad Asad Muhammad bin Syami Syaibah Mukjizat Al-Qur'an Nasional Nasionalisme News Ngaji Tafsir Online Nur Kholik Ridwan Penerbit Buku PHBI Pluralisme Press Releas Profil Profil Mufassir Profile Program Q&A Quraish Shihab Quran dan Ekonomi Quran dan Keuangan Quran dan Pengembangan Diri Quran Indeks Rahmi Syahriza Ramadhan Rapat Kerja Riau Rihlah Ilmiah Riskiyatun Hozaituna Adnan Rosihon Anwar Sahlawati Abu Bakar SeIPTI Seminar Tafsir Quran Singapura Struktur Al Quran Sutria Dirga Syaikh Muhammad Husain Az Zahabi Tadabbur Quran Tafsir Al Fatihah Tafsir Ar Rahman [55] Tafsir Arab Tafsir Asia Tenggara Tafsir Juz Amma Tafsir Kesehatan Tafsir Klasik Tafsir Maudhui Tafsir Modern Tafsir Nusantara Tafsir Nusantara Faisal Hilmi Tafsir Obat Tafsir Pendidikan Tafsir Qur'an Program Tafsir Quran Event Tafsir Quran Karim Tafsir Singapura Tafsir Wabah Tahfidz Qur'an Terjemah Qur'an Tesis Thailand The Message of The Quran Tilawatil Qur'an Tokoh Qur'an UIN Jakarta UIN Sunan Gunung Djati Bandung UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ulumul Qur'an Universitas Al-Azhar USA USIM Video WA Programs Webinar PKTQ Yogyakarta Ziyad Ulhaq تفسير

Dapatkan Kajian Tafsir

Visitor